Peran Dan Perkembangan Virtual Reality Di Dunia Otomotif

Peran Dan Perkembangan Virtual Reality Di Dunia Otomotif

Bukan hal baru kalau memang di industri otomotif selalu memperkenalkan teknologi-teknologi terkini dari waktu ke waktu seiring dengan juga perkembangan teknologi yang semakin menjadi. Tidak terkecuali di tahun 2017 pun sudah banyak perkembangan teknologi yang terjadi di dunia otomotif. Industri otomotif dapat dengan mudah menerima dan memanfaatkan teknologi canggih dan baru. Seperti salah satunya adalah teknologi Virtual Reality (VR). Industri otomotif sekarang sudah ada yang mengembangkan pelayanan kepada customer dengan memanfaatkan adanya teknologi VR tersebut. Didukung juga dengan cukup banyaknya perusahaan teknologi yang gencar untuk mengembangkan produk perangkat virtual reality. Beberapa peran dan juga perkembangan VR di dunia industri otomotif antara lainnya adalah sebagai berikut ini :

  1. Meningkatkan penjualan serta retensi customer. VR bia dipakai di dunia otomotif untuk menciptakan pengalaman yang menarik, menyenangkan dan juga yang unik tentunya bagi pada customer. Ini bakal menjadi sebuah kunci yang baik untuk customer tertarik membeli produk dan membuat mereka datang lagi. Customer yang punya pengalaman menarik dari pelayanan menarik yang dihadirkan oleh perusahaan otomotif dengan adanya teknologi VR memungkinkan juga untuk menyebarkan informasi ke lebih banyak kalangan sehingga tentu ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri untuk perusahaan otomotif.
  2. Showroom virtual. Ini juga bisa jadi bentuk lain penggunaan teknologi virtual reality di industri otomotif. Pengalaman seperti ini memberikan penawaran kepada pelanggan kesempatan untuk dapat menelusuri showroom yang seolah-olah nyata di dalam showroom, melihat adanya bermacam-macam pilihan kendaraan sampai dengan melakukan test drive secara virtual. Selain itu juga dengan showroom virtual ini customer dapat menjelajahi showroom dengan lebih nyaman, tanpa adanya gangguan keramaian dari customer lain maupun kebisingan lainnya.
  3. Beralih pada manfaat, adanya perangkat teknologi virtual reality dalam dunia otomotif menjadikan potensi penjualan ritel di mall pun dapat lebih maksimal. Industri otomotif mobil yang membuka showroom di sebuah mall dapat memanfaatkan para pengunjung mall yang identik dengan jumlah pengunjung selalu naik dari waktu ke waktu. Bersama asumsi tersebut, maka memungkinkan untuk showroom pun dikunjungi oleh banyak customer. Memanfaatkan teknologi virtual reality menjadikan para pengunjung showroom pun dimanjakan dengan pengalaman test drive secara virtual serta melihat lebih dalam produk otomotif yang ditawarkan.
  4. Adanya teknologi VR pada industri otomotif pun membuat para customer bisa lebih simple untuk melakukan test drive. Pasalnya, rata-rata customer akan membeli mobil kalau sudah melakukan test drive. Dengan adanya teknologi VR, customer bisa merasakan realistis pengalaman test drive tanpa harus repot-repot melakukannya secara nyata, cukup dengan menggunakan perlengkapan virtual reality untuk test drive.
  5. Teknologi VR di dunia otomotif pun sanga efektif untuk jadi media pelatihan dan pendidikan. Karena VR memudahkan untuk customer memahami sebuah produk yang ditawarkan oleh perusahaan otomotif.