aplikasi keuangan android

4 Cara Menjaga Data Smartphone Aman dari Pencurian

Seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan smartphone, semakin banyak pula aplikasi keuangan Android yang muncul. Aplikasi-aplikasi yang bisa membantu transaksi pembayaran ini digadang-gadang sebagai sistem pembayaran masa depan, di mana hampir semua transaksi akan dilakukan secara online menggunakan smartphone. Namun di balik itu, muncul masalah baru lagi, yaitu soal keamanan ponsel.

Hampir semua orang sudah tahu bahwa ponsel adalah perangkat yang cukup rentan. Ada banyak resiko yang bisa muncul pada ponsel biasa, bayangkan jika smartphone, tempat data-data sensitif seperti nomor rekening bank dan passwords disimpan. Resiko yang dihadapi misalnya saja:

  • Ponsel hilang dan data dimanfaatkan,
  • Kemungkinan scamming saat mengunduh aplikasi keuangan untuk Android,
  • Akun aplikasi Anda di-hack,
  • Pencurian data via internet.

Semua resiko itu adalah persoalan yang cukup serius yang harus Anda sadari lebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi keuangan di ponsel Anda. Namun ini bukan berarti Anda harus takut, sebaliknya, aplikasi semacam ini bisa sangat aman, asalkan Anda sendiri ikut menjaganya. Caranya:

  1. Lindungi ponsel dengan passwords

Berikan passwords untuk mengunci smartphone Anda sehingga tak sembarangan orang bisa membukanya. Dengan ini, jika ponsel tertinggal atau dipegang orang lain, tak mudah untuk membobolnya.

  1. Pakai aplikasi untuk melacak ponsel

Aplikasi ini banyak ditemukan di PlayStore, dan bisa membantu Anda mencari ponsel Anda yang hilang dengan memberikan sinyal dan lokasi.

  1. Matikan koneksi internet jika tak diperlukan

Salah satu cara untuk melakukan hack ke ponsel Anda dan mencuri data adalah via network tempat Anda terhubung. Matikan agar tak ada yang bisa memasuki ponsel Anda tanpa izin.

  1. Cari aplikasi keuangan yang aman

Aplikasi keuangan juga mempunyai resiko scamming, yang tujuannya mencuri data pribadi Anda. Unduh aplikasi yang providernya sudah diverfikasi, seperti Kesles.

Aplikasi keuangan Android seperti Kesles memang lebih aman jika dibandingkan membawa uang tunai dalam jumlah besar, tetapi ini bukan alasan untuk berleha-leha. Menjaga keamanan ponsel Anda adalah tanggung jawab Anda sebagai pemilik. Semakin Anda sadar dengan resiko yang ada, maka semakin ketat pula langkah yang akan Anda ambil untuk mengamankannya.