APPLE UMUMKAN IPHONE 6 DAN 6 PLUS

APPLE UMUMKAN IPHONE 6 DAN 6 PLUS

Setelah cukup lama menggunakan layar berukuran 4 inci yang relatif kecil, Apple akhirnya menghadirkan iPhone dengan ukuran layar yang lebih besar. Tepat setahun setelah meluncurkan iPhone 5s, Apple memperkenalkan dua tipe iPhone sekaligus dengan nama iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Desain membulat dengan layar HD Retina lebih besar
Dari sisi desain, ada perubahan konsep pada iPhone 6 dan 6 Plus. Persis seperti bocoran gambar yang sudah wara-wiri di dunia maya sebelumnya, garis desain lengkungan di setiap sudut iPhone 6 kini agak lebih bulat dan tidak terlihat kaku. Agar tetap terlihat premium, material bodinya masih tetap sama menggunakan bahan alumunium.

Untuk layarnya, iPhone 6 membawa layar 4,7 inci beresolusi 1334 x 750 pixel dengan ketebalan hanya 6,8mm. Layarnya tersebut mampu menampilkan visual yang tajam dengan tingkat kerapatan pixel mencapai 326 ppi. iPhone 6 juga sukses menjadi iPhone paling tipis saat ini. Sementara itu iPhone 6 Plus datang dengan bentang layar 5,5 inci. Resolusi layar yang ditawarkannya juga sudah Full HD 1920 x 1080 pixel, sementara bodinya hanya setebal 7,1mm. Dengan resolusi layar yang lebih tinggi, layar ini tentu akan terlihat sangat tajam mengingat kerapatan pixel yang dimilikinya mencapai 401 ppi.

Meski ukuran layar diperbesar, Apple pun tetap menjaga agar iPhone terbarunya dapat digunakan dengan satu tangan. Ini terlihat dengan hadirnya tambahan fitur One Hand Mode yang diberi nama Reachability. Pada mode ini, tampilan antar muka konten akan turun setengah layar sehingga jari jempol Anda tetap dapat mengoperasikan ponsel dengan satu tangan.

Performa Tambah Bertenaga, Baterai Tetap Irit
Sama seperti iPhone 5s, iPhone 6 dan 6 Plus juga disiapkan dengan arsitektur prosesor 64-bit. Menggantikan chip A7 yang digunakan 5s, inilah chip A8 yang hadir dengan fabrikasi 20nm.

Apple mengklaim chip terbarunya ini mampu menghadirkan performa CPU yang 25 persen lebih cepat dari A7 terdahulu. Bahkan kinerja grafisnya juga diklaim mencapai 50 persen lebih cepat, berkat dukungan platform Metal di iOS8. Metal adalah bahasa pemrograman yang khusus dirancang Apple untuk memaksimalkan performa gaming di perangkat Apple yang menjalankan iOS 8. Jadi dengan Metal, pengembang game akan dapat mengakses beberapa fitur unik yang ada di chip A8 sehingga kinerja game akan lebih efisien.

Prosesornya yang lebih garang ini pun diimbangi dengan kosumsi daya yang 50 persen lebih efisien. Imbasnya, baterai akan lebih awet saat digunakan sehari-hari. Menurut klaim dari Apple, untuk waktu bicara di jaringan 3G iPhone 6 dapat bertahan hingga sekitar 14 jam dan 24 jam untuk iPhone 6 Plus. Waktu standby iPhone 6 selama 10 hari dan iPhone 6 Plus dapat standby hingga 16 hari. Untuk kebutuhan menonton video, iPhone 6 dapat digunakan hingga sekitar 11 jam dan 14 jam untuk iPhone 6 Plus. Cocok untuk Anda yang doyan nonton film berseri atau maraton menonton YouTube.

Coprosesor Baru
Meggantikan coprosesor M7 yang diperkenalkan tahun lalu di iPhone 5s, Apple kini menghadirkan coprosesor M8. Coprosesor atau prosesor tambahan terbarunya ini, sekarang dapat mengumpulkan data dari sensor barometer untuk ketinggian disamping tetap dapat mengumpulkan data dari sensor akselerometer, gyroscope dan kompas untuk meringankan beban kinerja prosesor utamanya agar lebih efisien.

Kamera iSight Teknologi Baru
Sektor yang satu ini mungkin yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh para penggemar smartphone. Apple pun menjawab tren fotografi smartphone saat ini dengan mempersiapkan iPhone terbarunya dengan teknologi kamera yang semakin baik. Jika kompetitornya berlomba-lomba adu besaran megapixel, Apple cukup percaya diri dengan tetap mempertahankan kamera iSight bersensor 8 megapixel dengan ukuran sensor 15% lebih besar dengan 1.5µm pixels yang masih sama seperti iPhone 5s. Namun sensornya ini mengalami sentuhan peningkatan sehingga lebih canggih.

Pembaruan pada sensornya membawa sejumlah teknologi baru seperti Focus Pixel untuk autofokus yang lebih cepat dan menawarkan autofokus phase-detection seperti yang digunakan kamera DSLR atau DSLM. Hasilnya, kecepatan fokus iPhone 6 diklaim 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan iPhone 5s. Kendati demikian, Apple tetap tidak mengganti lensanya dengan masih mempertahankan lensa bukaan F/2.2 lengkap dengan dukungan True Tone flash seperti iPhone 5s yang mampu menghasilkan foto dengan cahaya flash dengan tonal hasil foto yang lebih natural.

Meski membawa kamera iSight yang sama, tetap ada perbedaan antara kamera iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Perbedaannya yaitu pada sektor image stabilization. Untuk iPhone 6 hanya dilengkapi dengan image stabilization digital, sedangkan iPhone 6 Plus lebih mumpuni dengan optical image stabilization untuk meredam pergerakan tangan saat memotret di kondisi temaram. Meski smartphone lain juga ada yang memiliki fitur image stabilization ini, setidaknya iPhone 6 Plus merupakan iPhone pertama yang memiliki fitur tersebut.

Jika Anda penggemar foto panorama, iPhone 6 dan 6 Plus kini dapat digunakan untuk foto panorama hingga resolusi 43MP. Urusan merekam video juga tetap handal dengan kemampuan rekam video full HD 1080p pada 30 fps dan 60fps. Merekam video dengan gerak lambat juga bisa dilakukan dengan kecepatan 240fps, dua kali lebih lambat dibandingkan iPhone 5s yang hanya 120fps.

Kamera depannya yang dijuluki FaceTime HD juga ikut mengalami peningkatan. Apple kini membenamkan fitur pendeteksi wajah yang telah ditingkatkan, mode burst untuk selfie dan sensor baru yang dapat menangkap cahaya 81 persen lebih banyak agar Anda bisa selfie dengan hasil terbaik di seluruh kondisi pencahayaan.

Touch ID
Apple pun kembali memperkenalkan Touch ID atau sensor sidik jari miliknya yang berguna sebagai pengaman. Sebagai tambahan, Apple juga mengumumkan kedua iPhone terbarunya ini juga telah dilengkapi dengan NFC, dan mendukung layanan Apple Pay Service lewat Touch ID. Sayangnya, fitur Apple Pay Service dengan Touch ID yang menjadi sistem pembayaran digital ini hanya bisa digunakan di beberapa ritel dan toko Apple di Amerika.

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus akan tersedia dalam 3 pilihan kapasitas 16 GB, 64GB dan 128GB. Warnanya terdiri dari 3 pilihan warna yaitu silver, gold, dan space gray. Untuk harganya, iPhone 6 dibanderol dengan harga mulai dari sekitar Rp9.300.000 dan iPhone 6 Plus mulai dari sekitar Rp10.800.000. Ini merupakan patokan harga di Singapura. Sesuai tradisi, harga iPhone garansi resmi di Indonesia biasanya akan lebih mahal sekitar 1-2 juta rupiah.