Nokia DVLUP Porting Day Hadirkan 500 Aplikasi untuk Nokia X

Nokia DVLUP Porting Day Hadirkan 500 Aplikasi untuk Nokia X

Kemunculan Nokia X yang bersistem operasi Android beberapa waktu lalu di ajang MWC 2014 disambut baik. Tak hanya oleh penggila teknologi, tetapi juga tim developer yang bersemangat menciptakan aplikasi untuk ekosistem Nokia X.

Antusiasme yang sama juga diperlihatkan oleh para developer aplikasi di Indonesia. Hal ini terlihat di DVLUP Porting Day yang diadakan oleh Nokia Indonesia untuk memperkenalkan Nokia X kepada pengembang. Di ajang tersebut, developer bisa mengembangkan aplikasi Android dan melakukan porting guna memperkuat ekosistem Nokia X Software Platform.

Berkat porting, aplikasi-aplikasi karya developer lokal yang sebelumnya hanya dapat dinikmati pada sistem operasi Windows Phone di Nokia Lumia dapat digunakan pula pada Nokia X yang berbasis Android.

Acara yang sebelumnya telah diadakan di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Bandung, Yogya, Malang, dan Surabaya ini telah menghasilkan lebih dari 500 aplikasi untuk Nokia X yang dapat diakses melalui Nokia Store. Sejak mengadakan event serupa, Nokia mencatat adanya pertumbuhan developer aplikasi lokal yang mencapai angka 100% setiap kuartalnya.

Aplikasi karya pengembang lokal yang nantinya lolos seleksi dan masuk ke dalam Nokia Store untuk Nokia X akan dapat dibeli dengan menggunakan sistem billing operator (pembelian dengan pemotongan pulsa prabayar) yang bekerja sama dengan Telkomsel Smartphone Updates.